Jumat, 17 Desember 2010

Nyaris Tertipu....

Hari ini sama seperti Jumat2 sebelumnya masih sepi dan masih melakukan hal yang sama. Di Jumat yang sepi ini dari jam 9 pagi tadi aku mulai mengisi hari dengan mencari info-info lowongan pekerjaan yang memang lagi aku butuhin banget. Mulailah aku buka-buka email sambil browsing-browsing gak jelas gitu. Di tengah-tengah kesibukan berinternet, tepat jam 10.20 hpku bunyi ada panggilan masuk dari nomor 031-546557. Wah langsung seneng dong biasanya sih kalau dari nomor Surabaya pasti kalau nggak dari temenku Santi ya berarti panggilan kerja dan bener aja itu panggilan kerja. Selanjutnya untuk beberapa menit ke depan terjadilah obrolan aku dan dia (si penelepon gak jelas) seperti ini kurang lebihnya:

aku (A) : halooo...
si penelepon gak jelas (SPGJ) : iya, dengan mbak Rika
A : iya betul
SPGJ : mbak ini saya dari PO BOX bla...bla...bla.... (curiga part I, gak nyebutin nama perusahaannya)
A : iya
SPGJ : mbak Rika saat ini masih bekerja?
A : untuk saat ini saya sedang tidak bekerja pak
SPGJ : oo..jadi sedang nggak kerja ya
A : iya pak
SPGJ : kami mau memastikan apaka mbak Rika bisa menghadiri interview di kantor kami untuk karyawan tetap mbak? apa mbak Rika bisa datang? soalnya kalau besok mbak Rika nggak datang lamaran mbak Rika dinyatakan hangus dan kami nggak akan memanggil lagi
A : kalo boleh tau ini perusahaan apa ya pak?
SPGJ : untuk itu nanti dijelaskan saat interview besok mbak (curiga part II)
A : perusahaan ini bergerak di bidang apa pak?
SPGJ : itu juga besok akan dijelaskan mbak
A : oooo....jadi saya juga nggak boleh tau ya
SPGJ : gimana mbak bisa hadir nggak?
A : eeemmmmm....bisa (dengan nada datar ---> curiga part III), kapan?
SPGJ : hari Sabtu tanggal 18 Desember jam 12 di BRI Tower Jl. Basuki Rahmat 122 lt 11 ruang 1106 mbak
A : BRI tower lt 11 ya?
SPGJ : iya mbak nanti menemui Bp. Santo ya
A : iya pak
SPGJ : oke mbak kalau gitu kami tunggu, terima kasih.
A : iya

tut..tut...tut...

Dari beberapa kecurigaanku munculah niat untuk melakukan investigasi lebih dalam lagi dengan nanya ke si mbah gugel. Setelah memasukkan beberapa kata-kata kunci dengan hasil yang tetep nggak maksimal dan nggak memuaskan akhirnya nyoba telpon balik ke no tadi dengan harapan si penjawab telpon bakal bilang "halo dengan PT. bla...bla..selamat siang.." ternyata hasilnya pun nihil telepon itu gak pernah di jawab sekalipun. Sampai akhirnya kepikiran buat masukin no telpon ke mbah gugel dan di percobaan ke 2 dengan keyword "no telepon surabaya 5465775" aku menemukan jawaban yang gamblang dari salah satu blog dimana si empunya blog menjelaskan kronologis kejadian penipuan yang menimpa dia. Dari situlah terjawab sudah kalau ternyata kecurigaan-kecurigaan itu benar adanya.

Huuufftttt....untung aja ada si mbah gugel yang siap sedia kapan aja dan si mbak yang punya blog yang udah sharing gak jadi ketipu deh. O iya FYI ya untuk nama perusahaannya ternyata PT Solid Gold Berjangka (klo gak salah) dan aku dapet lowongan dari Jawa Pos terbitan 4 Desember 2010 dengan menggunakan PO BOX dan mengatas namakan anak perusahaan sebuah perusahaan BUMN.

Jadi buat kamu yang baca blog ini kalau kamu atau siapa pun yang lagi nyari kerja dan dapet telepon yang isinya kurang lebih sepertu di atas hati-hati ya jangan sampai kena deh.

Terakhir....buat mas2 yang tadi nelpon kalau mau kerja yang halal ya biar rejeki yang didapat membawa barokah.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Aslamualaikum

    Terimaksih, posting oki sangat membantu. karena hari ini pengalaman/kejadian oki terulang lagi pdku, untungnya tindakan pertama atas keraguanku itu sama apa yang oki lakukan, yaitu search di mbah gugel dan akhirnya ketemu oki disini. setelah aku baca, sama persis pertanyaan by phone nya, dan alamat juga sama. dan terakhir aku tanya seorang sahabat yang kebetulan bekerja di pemkot sby. ternyata palsu.. Alhamdulillah
    sekali lagi terima kasih.dan Salam kenal,
    Wasalamualaikum

    www.facebook.com/naghypt

    BalasHapus